Sunday, December 01, 2013

Asinan Jakarta

Salah satu jenis hidangan yang komplet dari segi citarasa, yakni asinan Jakarta, demikian disampaikan pakar kuliner Indonesia William Wongso  dalam kesempatan demo masak di Jakarta Convention Center, 20 Agustus 2013 (www.okefood.com).  Asinan Jakarta memiliki rasa manis, pedas, asin, dan asam yang menyegarkan. Kuliner yang terdiri dari potongan sayur-sayuran dan buah-buahan segar ini menggunakan siraman kuah pedas, manis, asin dan asam. Untuk mendapatkan rasa asinan yang lezat, maka kuncinya rasa ‘kemanisan’ pada kuah asinan.

“Sesuatu yang namanya asam, asin, manis, pedas, tergantung pada selera individu. Untuk takaran garam, gula, cuka, cabai, jangan percaya pada resep, karena di setiap tempat yang berbeda rasa gula, garam, atau bumbu lainnya bisa berbeda, bisa lebih pekat atau kurang,” kata William Wongso di sela mencampurkan bahan.

“Kadar kemanisan setiap orang berbeda, Anda harus mencicipi kuah pedasnya yang telah ditambahkan gula. Jika sudah pas kemanisannya, baru tekan dengan cuka, dan terakhir garam, sesuaikan selera sambil diaduk,” lanjutnya.

Bila rasa yang diinginkan sudah pas, maka selanjutnya campurkan sayuran segar dan buah-buahan yang telah dipotong-potong, seperti wortel, kol, toge, mangga muda, dan nanas, atau apapun yang Anda inginkan. Tambahkan pula kacang tanah yang sudah digoreng.

Jika asinan ingin langsung disantap, maka kacang tanah bisa langsung dicampur. Namun bila ingin didiamkan terlebih dahulu, maka kacang tanah dimasukkan saat asinan akan disantap. Anda dapat pula menghaluskan kacang tanah sebagai pilihan jika suka.

Bagi anda yang ingin mengetahui resep Asinan dari Jakarta, berikut adalah resep Asinan Jakarta sebagaimana dikutip dari reseponline.info

Bahan-bahan/bumbu-bumbu:

100 gram selada, dipotong-potong
150 gram sawi asin, diiris tipis
50 gram lokio
150 gram ketimun, dipotong-potong
100 gram kol, diiris tipis
100 gram taoge
200 gram tahu putih, dipotong kotak 1 cm, dikukus
6 buah kerupuk mi, digoreng
50 gram kerupuk merah, digoreng
50 gram kacang tanah, digoreng
75 gram mi kuning, diseduh, ditiriskan

Saus

500 ml air
100 gram gula merah, disisir halus

Bumbu Halus

150 gram kacang tanah goreng
2 buah cabai merah
1 buah cabai rawit
25 gram ebi sangrai
2 sendok teh cuka
3/4 sendok teh garam
50 gram gula pasir

Cara Membuat

Saus, rebus gula merah dan air. Didihkan lalu saring.
Tambahkan bumbu halus. Rebus sampai mendidih. Dinginkan.
Tata sayuran dan tahu di dalam mangkuk. Siramkan bumbunya.
Sajikan bersama kerupuk, mi kuning, dan kacang goreng.

(Untuk 5 porsi)

No comments: